Sunday 26 February 2012

MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL : PERANAN

  • PENDAHULUAN
  • KEKUATAN PENGUBAH  LINGKUNGAN PERSAINGAN GLOBAL
  • GLOBALISASI EKONOMI DUNIA
  • PERUSAHAAN MULTINASIONAL
  • SISTEM KEUANGAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL

PENDAHULUAN
·        Bisnis internasional muncul berdasarkan pada teori keunggulan komparatif Ricardo.
·        Metode bisnis internasional: 1. Perdagang-an internasional, 2. Perjanjian lisensi, 3. Perjanjian waralaba, 4. Usaha patungan, 5. Akuisisi perusahaan yang telah ada, 6. Pendirian perusahaan anak, dan 7. Investasi portofolio.
·        Konsekuensi adanya bisnis internasional: adanya kebutuhan terhadap valas, yang memunculkan kurs tukar antar mata uang.
·        Manajemen keuangan internasional (MKI) muncul, karena mata uang antar negara berbeda.
·        Mengapa perlu belajar MKI? Kehidupan sekarang dalam perekonomian dunia yang terglobalisasi dan terintegrasi secara tinggi.
·        Tiga demensi yang membedakan keuangan internasional dengan keuangan domestik: 1. Risiko valas dan politik, 2. Ketidaksempur-naan pasar, 3. Sekumpulan peluang yang semakin luas.
·        MKI didesain untuk menyediakan bagi para manajer keuangan sekarang dengan penge-tahuan atas konsep & alat fundamental menjadi para manajer global yang efektif.


KEKUATAN PENGUBAH  LINGKUNGAN PERSAINGAN GLOBAL
·        Tiga demensi yang membedakan keuangan internasional dengan keuangan domestik: 1. Risiko valas dan politik, 2. Ketidaksempur-naan pasar, 3. Sekumpulan peluang yang semakin luas.
·        MKI didesain untuk menyediakan bagi para manajer keuangan sekarang dengan penge-tahuan atas konsep & alat fundamental menjadi para manajer global yang efektif.
·        Pembuangan atas kebijakan2 yang statis dan menggantikannya dengan kebijakan pasar bebas di negara2 ketiga.
·        Ketertundukan negara2 di dunia terhadap kekakuan dan standar pasar global yang ada.

GLOBALISASI EKONOMI DUNIA
·        1.Munculnya pasar2 keuangan yang terglobalisasi: integrasi yang cepat atas pasar2 modal dan keuangan.
·        Globalisasi pasar keuangan ini awal-nya datang dari pemerintah2 negara utama yang mulai menderegulasi pasar2 valas dan modalnya.
·        2. Munculnya Euro sebagai mata uang global:  dimulai pada 1999, dengan jumlah anggota 12 negara berpenduduk 300 juta.
·        3. Liberalisasi perdagangan & integrasi ekonomi: Fenomena munculnya GATT, WTO, EU, NAFTA, dan AFTA.
·        4. Privatisasi: suatu negara menjual kepemilikan & operasinya atas suatu bisnis dengan mengalihkannya kepada sistem pasar bebas.

PERUSAHAAN MULTINASIONAL
·        MNC: perusahaan yang berada di satu negara yang mempunyai operasi produksi dan penjualan di beberapa negara lain. Jumlah negara tempat MNC beroperasi sekurang-kurang 5-6 negara.
·        Sasaran MNC: 1. Memaksimumkan kekayaan para pemegang saham, dan 2. Memaksimumkan kekayaan perusahaan.
·        Dalam rangka mencapai sasaran yang ingin dicapai saat ini banyak perusahaan yang menerapkan konsep tata kelola perusahaan (corporate governance), termasuk MNC.
·        Tata kelola perusahaan: hubungan di antara stakeholders yang digunakan untuk menentukan dan mengontrol arah dan kinerja strategik suatu organisasi.
·        Pernyataan good corporate governance yang diterima secara luas dalam praktik dikembangkan oleh Organization for Economic Cooperations and Development (OECD) pada 1999:
1. Hak-hak para pemegang saham;
2. Perlakuan yang adil atas para pemegang saham;
3. Peranan para pemegang saham dalam pengendalian perusahaan;
4. Keterbukaan dan transparansi;
5. Tanggung jawab dewan direktur.
·        Keuntungan MNC yang beroperasi secara global diperoleh dengan dua cara: 1. Memanfaatkan skala ekonomi, 2. Kehadir-an globalnya untuk mengambil keunggulan tertentu, yaitu faktor produksi murah.
·        Tiga kendala yang dihadapi MNC: 1. Ken-dala lingkungan, 2. Kendala regulasi, 3. Kendala etika.
·        Motif strategis MNC berinvestasi di luar ne-geri: 1. Pasar; 2. Bahan mentah; 3. Efisiensi; 4. Pengetahuan; dan 5. Keamanan politik. 
·        Kritik terhadap MNC: perilaku MNC diibaratkan seperti gurita yang dengan tangan2-nya menghisap bangsa2 di dunia untuk memuaskan nafsu makannya yang tidak ada kenyang2-nya dari perusahaan induknya.

SISTEM KEUANGAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL
·        MFS: keseluruhan dari mekanisme transfer internal yang tersedia bagi MNC untuk membagi keuntungan dan uang di antara afiliasi2 yang berbeda.
·        Mekanisme dalam MFS melibatkan transfer harga atas barang dan jasa yang diperdagangkan secara internal, pinjaman antar perusahaan, pembayaran dividen, percepatan dan perlambatan pembayaran antar perusahaan, dan biaya2 fee dan royalti.
·        Transaksi keuangan MNC dihasilkan dari transfer internal atas barang, jasa, teknologi, dan modal.
·        Cara transfer: 1. Dengan memilih saluran2 keuangan (dana dipindahkan & keuntungan dialokasikan, atau keduanya); 2. Dengan mentransfer harga atas penjualan dan pembelian barang & jasa.
·        Fleksibilitas penentuan waktu: klaim keuangan secara internal (antar afiliasi) dapat dilakukan dengan percepatan dan perlambatan.
·        Nilai: dengan perubahan keuntungan dari negara dengan pajak tinggi ke pajak rendah, MNC dapat mengurangi pembayaran pajak globalnya.

No comments: