Strategi Operasi di Lingkungan Global
Kunjungi Blog ini :
- www.akutansi-akuntansi.blogspot.com ini berisi kumpulan materi perkuliahan untuk mata kuliah program studi akuntansi.
- www.akutansi-akuntansimnj.blogspot.com ini berisi kumpulan materi perkuliahan untuk mata kuliah program studi manajemen.
- www.akutansi-akuntansipajak.blogspot.com ini berisi kumpulan materi perkuliahan untuk perpajakan.
- www.akutansi-akuntanssoal.blogspot.com ini berisi kumpulan soal-soal yang sudah diberikan pada ujian mid semester dan ujian semester baik mata kuliah program studi akuntansi, mata kuliah program studi manajemen.
- www.akutansi-akuntansart.blogspot.com ini berisi kumpulan artikel tulisan saya yang saya buat.
Salah satu kunci keberhasilan perusahaan agar berhasil
dalam persaingan adalah berusaha untuk bisa bersaing dengan perusahaan lainnya
dengan strategi yang baik. Disini akan coba kita bahas, apa saja sih yang harus
diperhatikan oleh perusahaan untuk dapat bersaing?
Pandangan global mengenai operasi :
Ada banyak alasan mengapa sebuah
operasi bisnis domestik memutuskan untuk berkembang menjadi internasional,
diantaranya :
1. Mengurangi biaya
2. Memperbaiki rantai pasokan
3. Menyediakan barang dan jasa yang
lebih baik
4. Menarik pangsa pasar baru
5. Belajar untuk memperbaiki
operasi
6. Mendapatkan dan mempertahankan
bakat global
Membangun misi dan strategi :
Sebuah usaha
manajemen operasi yang efektif harus mempunyai sebuah misi, sehingga ia tahu ke
mana arah tujuannya dan sebuah strategi, sehingga ia tahu bagaimana cara untuk
bisa mencapai misi tersebut.
Membangun
misi dan strategi :
1. Misi organisasi sebagaimana
tujuannya – apa yang akan disumbangkan ke masyarakat/ pelanggan
2. Pernyataan misi menghasilkan
batasan dan fokus organisasi, juga konsep dalam menjalankan perusahaan
3. Misi menyatakan alasan adanya
suatu organisasi
Saat misi ditetapkan, strategi dan penerapannya dapat dimulai.
Strategi adalah rencana tindak organisasi untuk mencapai misinya. Setiap
wilayah fungsional mempunyai strategi untuk mencapai misinya dan membantu
organisasi mencapai misi keseluruhan. Strategi ini memanfaatkan peluang dan
kekuatan, menetralkan ancaman, dan menghindari kelemahan.
Perusahaan mencapai misinya dalam
tiga jalan :
1. Perbedaan/ pembedaan
2. Kepemimpinan biaya
3. Respons yang cepat
Tiga strategi yang ada masing-masing memberikan peluang bagi para
manajer operasi untuk meraih keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing (competitive
advantage) berarti menciptakan sistem yang mempunyai keunggulan yang unik atas
pesaing lainnya. Idenya adalah menciptakan nilai pelanggan dengan cara yang
efisien dan langgeng .
Mencapai keunggulan bersaing
melalui operasi :
1. Bersaing
pada pembedaan
2. Bersaing pada biaya
3. Bersaing pada respons
Sepuluh keputusan strategis
manajemen operasi :
1.
Perancangan barang dan jasa
2. Mutu
3. Perancangan proses dan kapasitas
4. Pemilihan lokasi
5. Perancangan tata letak
6. Sumber daya manusia dan
rancangan pekerjaan
7. Manajemen rantai pasokan (supply
chain)
8. Persediaan
9. Penjadwalan
10. Pemeliharaan
Permasalahan dalam strategi operasi
:
Perubahan
strategi terjadi karena dua alasan :
1. Strategi menjadi dinamis karena
peubahan dalam organisasi
2. Strategi juga menjadi dinamis
karena adanya perubahan lingkungan
Pengembangan dan penerapan strategi
:
Saat
perusahaan memahami permasalahan yang ada dalam mengembangkan strategi yang
efektif , mereka mengevaluasi kekuatan dan kelemahan internal mereka, juga
peluang dan ancaman yang ada di lingkungan mereka
Dikenal sebagai analisis SWOT
Permasalahan yang biasa timbul
dalam strategi operasi :
1.
Mengidentifikasi faktor penentu keberhasilan (CSF)
2. Membangun dan mengisi organisasi
3. Memadukan manajemen operasi dengan
aktiitas lain
Pilihan strategi operasi global :
1.
Strategi internasional, menggunakan ekspor dan lisensi untuk memasuki pasar
global. Menguntungkan, dimana tingkat tanggapan lokal rendah dan pengurangan
biaya sedikit
2. Strategi multidomestik, membagi
kewenangan dengan memberikan otonomi yang cukup berarti pada setiap bisnis.
Strategi : mendirikan perusahaan cabang, menyediakan waralaba
3. Strategi global, mempunyai
tingkat sentralisasi yang tinggi, dimana kantor pusat mengkoordinasikan
organisasi untuk mencari standar dan pembelajaran diantara pabrik, sehingga
dapat menghasilkan skala ekonomis
1 comment:
Anda boleh berkunjung kesini juga min, saya bahas tentang manajemen dan bisnis juga https://www.nurulhuda.id/
Post a Comment